Yii Framework Forum

[SOLVED] Masalah akses SOAP??


(Sabitzhabit) #1

Permisi master-master sekalian, saya mau tanya nih…

Saya udah ngikutin step-step buat web service SOAP dari sini. Pertama saya udah buat contoh dari tutor ny yaitu :




	/**

	* @param string the symbol of the stock

	* @return float the stock price

	* @soap

	*/

	public function getPrice($symbol)

	{

	     $prices=array('IBM'=>100, 'GOOGLE'=>350);	

	     return isset($prices[$symbol])?$prices[$symbol]:0;

	     //...return stock price for $symbol

	}



Saya coba akses lewat aplikasi cliennya dan berhasil. Tapi ketika saya buat satu lagi yang sederhana seperti berikut:




	/**

	 *@param string inputan

	 *@return string

	 *@soap

	 */

	public function getTulis($itu)

	{

		return $itu;

	}



Selalu error waktu mau di akses oleh client nya yang saya buat dg Yii juga, pesen error ny kek gini: "Function ("getTulis") is not a valid method for this service". Tapi saat saya mau akses nya pake .NET C# dg desktop aplikasi, ga ada masalah apa2. Akses data ny pun lancar…

Itu salah dimana ya? Mungkin ada master disini yang bisa kasih pencerahannya…

Terima kasih sebelumnya…


(Bob Hartanto) #2

ane belum pernah make web service pas develop app pake yii gan.

jadi kurang tahu juga deh,heheheh

maap ga bisa bantu hahah


(Sabitzhabit) #3

iya gan, ane jga bngung kok bisa ga bisa d akses lewat yii ny sendiri…

:(

Yg lain ada yg bisa bantuin ga yak?


(Sabitzhabit) #4

ternyata harus di tambahin code ini di atas nya:





ini_set( 'soap.wsdl_cache_enable' , 0 );

ini_set( 'soap.wsdl_cache_ttl' , 0 );





(Mrasad257) #5

Syukur deh ud dapet solusinya. pelajaran baru ini. Mesti di coba :D Thx gan


(Programmer Riau) #6

agan S4byte mbok dibagi ilmunya, itu tadi tentang apa toh… biat pada nambah pinter… kami berjanji tidak akan merebut proyeknya gan deh…


(Sabitzhabit) #7

wah, itu bukan proyek gan. Itu skripsi saya, hehe… :)

Jadi cerita nya saya buat web service gan pake yii http://www.yiiframework.com/doc/guide/1.1/en/topics.webservice . Pertama kan saya buat service di server nya gan(sampe sini ga ada kendala). Trus saya buat aplikasi client yang mengakses service yang sudah saya buat tadi. Aplikasi client nya sendiri saya buat 2 versi, yg web dengan PHP dan untuk desktop app pake .NET C# gan.

Sewaktu saya akses service nya pake C# ga ada masalah. Tapi sewaktu saya akses dengan PHP, ga tahu kenapa data nya ga bisa di akses, dan ngeluarin error seperti masalah yang saya hadapi di atas. Setelah saya googling2 saya dapet solusinya dengan cara nambahin code berikut di aplikasi PHP clientnya :





ini_set( 'soap.wsdl_cache_enable' , 0 );

ini_set( 'soap.wsdl_cache_ttl' , 0 );




Setelah itu lancar deh jalannya…


(Adinugro) #8

Halo,

ikut nanya yah,

kalo soap itu bisa di autentikasi dulu g yah? soalnya saya butuh semacam proteksi supaya g semua orang bisa ngakses web service gitu…

terima kasih sebelumnya.