Yii framework vs Zend Framework

Salam,

Saya baru mengenal yii framework jadi bisa dibilang masih pemula betul.

Sebelumnya saya terbiasa develop application tanpa framework, dan saya ingin migrasi ke framework. Kira-kira mudah mana saat saya memindahkan semua script menggunakan framework yii atau zend? mengingat application yg saya bangun tdk beraturan ada ajax, javascript, dan pemgrograman struktur lainnya. Saat ini saya develop PHP/MySQL.

Mohon masukan dan bantuannya.

Thanks.

Dwee

Untuk starting point, lebih enak pake Yii bro. Saya dulu awalnya pake Zend Framework. Zend tidak punya ORM default seperti Yii dengan Active Record-nya. Tapi Zend bisa diintegrasikan dengan ORM lain seperti Doctrine.

Untuk belajar Zend butuh waktu yg banyak karena library-nya buanyak. Dari segi performance, Zend lebih lambat dibanding Yii tapi dari segi komponen, Zend lebih banyak dari Yii.

Saya juga advice untuk menggunakan Yii. karena pada tampilan awal sudah di berikan contoh blog yang sudah jadi…

jadi kita tinggal edit

kalo saya pribadi belum pernah belajar Zend jadi kurang tau. Dulu saya juga dari nol pengen belajar framework Yii. Tapi ternyata susah banget ngertinya (maklum pemikirannya masih coding manual, gak tau sama sekali apa itu MVC).

Jadi akhirnya banting setir belajar yang lain kek Joomla Framework, Codeigniter, baru akhirnya balik ke Yii Framework lagi deh. Akhirnya memahami Yii jadi sangat gampang. Menjadi gampang sebetulnya dikarenakan saya udah mulai memahami alur nya MVC. Jadi menurut saya kalo dah ngerti MVC harusnya mau pelajari framework apapun yang berbasis MVC pasti gampang. Dan jujur, dibanding framework-framework terdahulu yang pernah saya pelajari, Yii tergolong powerful dan gampang digunakan.

Kalau sungguh2 belajar saya rasa bisa gampang dipelajari. Kalo Zend mungkin akan lebih objektif kalau ada orang yang pernah belajar Zend jelaskan, gimanapun juga itu kan framework keluaran perusahaan yang buat PHP, jadi dah pasti standard enterprise (kata orang).

Btw, gudluck deh bro :)

nyubi ikut nyimak para master Yii, ane dari CI nyoba belajar Yii blm pernah juga si belajar Zend Framework.

Yii aja dulu untuk mulai, baru cicipi FW lain kalo dah paham konsep pemrograman dengan FW.

Kata temen ane yang udah pernah pake zend

"Jangan Zend, mending belajar FW CI atau Yii (soalnya dia pake CodeIgneter)".

"Mempelajarinya susah (Ane kaget : soalnya dia tergolong mahir di dunia pemograman)".

"Fungsi2 harus di buat lagi meskupin sebetulnya udah ada (Klo CI atau Yii kan tinggal manggil)".

"Klo mau fokus, CI atau Yii aja". Klo udah faham, ntar pindah FW juga gak terlalu binung".

Katanya sih kyk gitu.

ane dulu pernah make framework CI…

pas pindah ke Yii ternyata gampangan dan lebih powerful yii

menurut ane framework yg bener2 framework yah Yii ini,

kalo di CI porsi kita untuk ngoding masih banyak,

tapi kalo di Yii porsi kita untuk ngoding lebih sedikit karena frameworknya yang mengerjakan buat kita

IMO

kalo pemula memang bingung setengah mati, saya dulu tidak ngerti-ngerti kok array nya tadi tidak ada kok sekarang ada, bangnyak lagi file-file yang terkait… akhirnya meninggalkan zend dengan uring-uringngan… recomendasi dari teman pake yii dan sekarang masih bertanya-tanya dan menanti penjelasan dari pecinta zend, seperti apa sih FW yang bikin ane uring-uringan dulu… heheh…

master-master saya ingin tanya jika kita ingin buat aplikasi pembayaran pajak lebih baik pakai framework apa ya? mohon penjelasannya…